Perbedaan Kawasaki Ninja 150RR vs 150RR SE

September 03, 2013
Kawasaki Ninja - Mungkin nama seri motor yang satu ini sudah tidak asing lagi bagi para rider. Namun pada tahun 2012 lalu, terdapat rilisan terbaru dari Kawasaki Ninja 150RR dirilis menjadi Kawasaki Ninja 150RR SE (Spesial Edition). Kesuksesan pabrikan Kawasaki pada segmen sport ini memang sudah terbukti denagan larisnya Kawasaki Ninja dipangsa pasar Tanah Air.
Nah, biasanya setiap rilisan motor dari tampilan lama menjadi tampilan baru  itu memiliki banyak perubahan. Apa saja yang dirubah pada Kawasaki Ninja ini ..? Mari kita tengok untuk melihat perbedaannya.

Pada bagian desain atau Bodi, Kedua motor ini memang memiliki perubahan yang sangat mencolok. Mulai dari Fairing, Head Lamp sampai pada bagian buntut sang motor pun mengalami perubahan.
- Pada Kawasaki Ninja SE, dibagian fairing yang terlihat lebih meruncing dibanding dengan versi lamanya, sudah tentu memiliki kelebihan tersendiri yaitu tidak terlalu banyak menahan angin ketika motor digunakan. Sehingga, meskipun bobot motor yang lebih berat dibanding versi lama akan lebih cepat jika dalam keadaan top speed. Karena fairing yang berbeda, Head lamp pun ikut berubah.
- Striping, Karena namanya yang menggunakan spesial edition. Jelas striping pada Kawasaki Ninja SE pun tak luput mengalami perubahan sehingga terliahat lebih elegan dibanding versi lamanya.
- Setelah kedua bagian depan, kita beralih kebagian belakang. Pada bagian belakang mengalami ubahan, coba perhatikan gambar deh biar lebih jelanya. Monggo...
Tampak Depan
Tampak Belakang

Sudah jelaskah ..?
 Ok, setelah membahas pada bagian desain yang sudah terlihat mencolok perbedaannya, saatnya intip juga pada bagian mesinnya. Untuk bagian mesin kedua Kawasaki Ninja ini tidak mengalami perubahan. Namun saja hanya pada bobot dan harga jual kendaraan yang bertambah. Inilah spesifikasinya,

Spesifikasi Kawasaki Ninja 150RR lama dan Baru (SE),
Type : 2-langkah, 1 silinder, Cranked caase Reed-Valve, Kips, HSAS
Maksimum Power : 21 KW / 11.000 RPM, EURO II
Torsi Maksimum : 20 NM / 9000 RPM, EURO II
Karburator : Mikuni Vm 28
Diameter : 59,0 x 54,4 mm
Volume Silinder : 149 cm3
Sistem Pedinginan : Pendinginan dengan Air
Perbandingan Kompresi : 6,9: 1
Jumlah Transmisi : 6 Speed
Rasio Gigi : 1 : 2.700(27/10)
                    2 : 1.706(29/17)
                    3 : 1.300(26/20)
                    4 : 1.090(24/22)
                    5 : 0.952(20/21)
                    6 : 0.863(19/22)
Tipe system final Drive : Chain Drive
Rasio Reduksi : 3.272 (72 / 22)
Drive rasio keseluruhan : 7.847 @ Top Gear
Sistem pelumasan oli : Oil Injection
Kapasitas Oli Samping : 0,8 Liter
Kapasitas Coolant : 1,3 Liter
Suspensi depan : Telescopic fork suspension
Suspensi belakang : Monoshock suspension
Rem depan : Rem cakram twin pot
Rem belakang : Rem cakram twin pot
Ban depan : 90/90-17 49S Tube-type
Ban belakang : 110/80-17 57S Tube-Type
Panjang x lebar x tinggi : 1930 mm x 720 x 1095 mm
Jarak poros antar roda : 1.305 mm
Jarak Ke Tanah : 145 mm
Berat : 134 kg (SE) , 125 Kg (Lama)
Kapasitas tangki : 10,8 Liter

Pada spesifikasi diatas, untuk mesin kedua Kawasaki Ninja ini tidak mengalami perubahan. Hanya saja pada berat kendaraan, Kawasaki Ninja 150RR SE lebih berat 11 Kg yakni 134 Kg dari versi lamanya.
Dengan begitu, karena perbadaan yang sangat terlihat jelas pada kedua Kawasaki Ninja 150RR ini. Maka harga yang disandingkan pun akan berbeda pula yakni pada Kawasaki Ninja yang mengusung tampilan baru ( Kawasaki Ninja 150RR SE ) dibandrol dengan harga Rp.36jutaan sedangkan untuk Kawasaki Ninja 150RR (versi lama) hanya dibandrol dengan harga Rp.35,1juta. Jadi, dengan adanya versi lama dan baru (SE) ini pabrikan kawasaki tengah memperlihatkan keseriusannya untuk membuat para konsumennya puas.

Sekian ulasan mengenai perbedaan motor asal pabrikan Kawasaki ini.
Semoga membantu ya...

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »